Anatomi fisiologi kulit manusia

Kelenjar apokrin mulai aktif setelah usia akil baligh dan aktivitasnya dipengaruhi oleh hormon. Struktur Rambut Struktur Rambut Rambut merupakan tambahan pada kulit kepala yang memberikan kehangatan, perlindungan dan keindahan.

Pernapasan internal Adalah pernapasan dimana pertukaran oksigen dan karbondioksida antara darah dalam kapiler dengan sel-sel jaringan tubuh Anonim, Sistem integumen adalah sistem organ yang paling luas.

Diposting oleh Unknown di Menyebar di lapisan stratum basal yang banyak mengandung keratinocytes.

Laporan Anatomi Fisiologi Manusia Sistem Ekskresi

Kemudian langkah kerja yang di lakukan pada praktikum kali ini adalah pertama melakukan persiapan dengan menyiapkan torso organ-organ yang terdapat di lemari, anatomi fisiologi kulit manusia itu mengamati dan menentukan organ mana saja yang di gunakan sebagai organ ekskresi, lalu menggambarkan masing masing organ tersebut serta memberikan keterangan.

Pengeluaran ekskresi Kulit mengeluarkan zat-zat tertentu yaitu keringat dari kelenjar-kelenjar keringat yang dikeluarkan melalui pori-pori keringat dengan membawa garam, yodium dan zat kimia lainnya. Komposisi urin yang dikeluarkan melalui uretra adalah air, garam, urea dan sisa substansi lain, misalnya pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urin.

Di lapisan ini terdapat saraf tepi, pembuluh darah, dan getah bening. Karena itulah pada wanita yang sedang menstruasi atau hamil akan lebih sering berkeringat. Stratum Korneum, terdiri atas lapis sel gepeng, tanpa inti dengan sitoplasma yang dipenuhi keratin.

Ketebalan epidermis berbeda-beda pada berbagai bagian tubuh, yang paling tebal berukuran 1 milimeter pada telapak tangan dan telapak kaki, dan yang paling tipis berukuran 0,1 milimeter terdapat pada kelopak mata, pipi, dahi dan perut. Gerak merinding jika terjadi traumastress, disebut Piloereksi.

Di dalam rongga pleura terdapat cairan pleura yang disebut juga dengan eksudat, pleura disini fungsinya supaya tidak terjadi gesekan antara tulang rusuk dan paru-paru sehingga paru-paru aman.

Sel Langerhans secara fisik berhubungan dengan saraf-sarah simpatisyang mengisyaratkan adanya hubungan antara sistem saraf dan kemampuan kulit melawan infeksi atau mencegah kanker kulit.

Urine primer ini mengandung asam amino, glukosa, natrium, kalium, dan garam-garam lainnya. Kemudian di kapiler glomerulus terdapat sel-sel kapiler yang berpori, tekanan dan permeabilitas yang tinggi pada glomerulus sehingga nantinya akan mempermudah proses penyaringan yang terjadi.

Artinya, udara untuk pernapasan tidak berdifusi secara langsung melalui permukaan kulit.

Anatomi dan Fisiologi Sistem Integumen Manusia

Pada setiap sistem tersebut nantinya pasti akan menghasilkan suatu zat sisa dan juga energi. Folikel rambut mengeluarkan lemak yang meminyaki kulit dan menjaga kelunakan rambut.

Pada telapak tangan dan telapak kaki jumlah baris keratinosit jauh lebih banyak, karena di bagian ini lapisan tanduk jauh lebih tebal. Jaringan ikat bawah kulit berfungsi sebagai bantalan atau penyangga benturan bagi organ-organ tubuh bagian dalam, membentuk kontur tubuh dan sebagai cadangan makanan.

Semua bagian tubuh dilengkapi dengan kelenjar keringat dan lebih banyak terdapat dipermukaan telapak tangan, telapak kaki, kening dan di bawah ketiak.

Bagian-bagian dari paru-paru sendiri di mulai dari trakea sebagai saluran tempat keluar masuknya oksigen dan karbondioksida.Pemahaman tentang anatomi dan fisiologi kulit akan membantu mempermudah perawatan kulit untuk mendapatkan kulit wajah yang segar, lembab, halus, lentur dan bersih.

Luas kulit pada manusia rata-rata + 2 meter persegi dengan berat 10 kg jika ditimbang dengan lemaknya atau 4 kg jika tanpa lemak atau beratnya sekitar 16 % dari berat badan seseorang. Luas kulit pada manusia rata-rata 2 meter persegi dengan berat 10 kg jika ditimbang dengan lemaknya atau 4 kg jika tanpa lemak atau beratnya sekitar 16 % dari berat badan seseorang.

Kulit memiliki fungsi melindungi bagian tubuh dari berbagai macam gangguan dan rangsangan luar. anatomi fisiologi kulit Kulit merupakan organ tubuh yang terletak paling luar dan merupakan proteksi terhadap organ-organ yang terdapat dibawahnya dan membangun sebuah barrier yang memisahkan organ-organ internal dengan lingkungan luar dan turut berpartisipasi dalam banyak fungsi tubuh yang vital.

anatomi kulit Kulit merupakan pembatas tubuh dengan lingkungan sekitar karena posisinya yang terletak di bagian paling luar.

Luas kulit dewasa 1,5 m2 dengan berat kira-kira 15% berat badan. Maksudnya anatomi adalah ilmu yang mempelajari struktur tubuh (manusia) dengan cara menguraikan tubuh menjadi bagian yang lebih kecil ke bagian yang paling kecil dengan cara memotong atau mengiris tubuh kemudian diangkat, dipelajari, dan diperiksa, menggunakan mikroskop(Ethel Slonne, ).Author: Anditenri.

Sistem Integumen pada manusia terdiri dari kulit, kuku, rambut, kelenjar keringat, kelenjar minyak dan kelenjar susu. Sistem integumen mampu memperbaiki sendiri (self-repairing) dan mekanisme pertahanan tubuh pertama (pembatas antara lingkungan luar tubuh dengan dalam tubuh).Author: Cah Samin.

Anatomi fisiologi kulit manusia
Rated 5/5 based on 88 review