Makalah berat badan kurang pada ibu hamil

Anton, Yohanes. Bahan makanan yang banyak mengandung garam antara lain mie instan, margarine, mentega, kecap, dan lain-lain. Pada umumnya ibu hamil di lingkungan masyarakat kita masih banyak yang hidup dibawah garis kemiskinan sehingga tidak dapat memenuhi nutrisi yang baik ditunjang lagi oleh pendidikan yang rendah, umur, pekerjaan, pengalaman, paritas, budaya, status sosial ekonomi yang berdampak pada ibu hamil terhadap kebutuhan gizi masa kehamilan masih sangat rendah Syaifudin, Fitramaya Ali, Syaifudin, Namun karena tidak semua sumber karbohidrat baik, maka ibu hamil harus bisa memilih yang tepat misalnya sumber karbohidrat yang perlu dibatasi adalah gula dan makanan yang mengandung banyak gula, seperti cake dan permen sedangkan karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks yang terdapat pada roti gandum, kentang, serelia,atau padi-padian yang tidak digiling.

Tablet besi sebaiknya tidak diminum bersama teh atau kopi, karena akan mengganggu penyarapannya. Tanda utama kehamilan adalah tidak menstruasi sekitar minggu setelah konsepsi. Pengukuran LILA tidak dapat digunakan untuk memantau perubahan status gizi dalam jangka pendek.

Meski sudah cukup bulan, bayi tersebut lahirnya BBLR berat bayi lahir rendah. Kerja jantung ini lebih ringan apabila viskositas darah rendah. Tujuan penulisan Tujuan penulisan makalah ini ialah: Asm lemak Omega 3 pada ibu hamil dan menyusui ini berfungsi mempengaruhi membran sel-sel syaraf, mempengaruhi fungsi otak untuk pertumbuhan dan perkembangan plasenta dan fetus, mencegah asterosklerosis dan penyakait jantung koroner serta penyembuahan penyakit nefritis dan arthritis.

Com, Penting pula bagi ibu hamil untuk makan buah-buahan segar, bagus untuk menyuplai vitamin Syaifudin, Jadi ibu hamil membutuhkan karbohidrat sekitar kalori.

Kurang gizi juga dapat dicegah secara bertahap dengan mencegah cacingan, infeksi, muntaber melalui sanitasi yang baik dan perawatan kesehatan, terutama mencegah cacingan. Sumber vitamin D yang utama adalah sinar Cahaya matahari. Jika hamil cenderung akan melahirkan anak secara prematur atau jika lahir secara normal bayi yang dilahirkan biasanya berat badan lahirnya rendah atau kurang dari 2.

Selain zat pembangun, zat-zat pengatur juga diperlukan.

Makalah Gizi Ibu Hamil

Kebutuhan Asam folat Asam folat dibutuhkan untuk perkembangan sel-sel muda, pematangan sel darah merah, sintesis DNA, dan metabolism energy. Hal ini disebabkan oleh banyaknya keluhan ibu hamil yang mempengaruhi keinginannya untuk makan. Sumber zat besi adalah makan yang berasal dari hewan yaitu daging, ayam dan telur serta kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau.

Untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang menu atau makanan yang harus dikonsumsi pada saat hamil. Hanya memberikan ASI kepada bayi sampai usia 6 bulan mengurangi resiko mereka terkena muntah dan mencret muntaber dan menyediakan cukup gizi berimbang.

Serat sangat penting, terutama bagi wanita hamil yang sering mengalami konstipasi. Sehingga kekurangan zat gizi tertentu yang diperlukan saat hamil dapat menyebabkan janin tumbuh tidak sempurna Kristiyanasari, Lingkar lengan atas sebelah kiri kurang dari 12,5 cm.

Normalnya, pada trimester I berat badan diharapkan naik kurang dari 2 kilogram. Sebaiknya berangsur — angsur, sehari menjadi 4 — 5 kali waktu makan. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia, yakni: Gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan serta mengatur proses-proses kehidupan Sunita, Dengan kata lain sintesis itu suatu kemampuan untuk menyusun formulasi baru dari formulasi-formulasi yang ada.

Menghindari mengkonsumsi makanan kaleng, makanan manis yang berlebihan, serta makanan yang sudah tidak segar 2. Karbohidrat dan serat adalah salah satu sumber energi penting.

Keadaan ini akan menyulitkan ibu hamil sendiri dalam menjalani kehamilan dan pasca persalinan. Pengetahuan harus sesuai denagn objek agar benar.1/18/ · Berat badan ideal calon ibu saat mulai kehamilan berkisar antara kg.

Berat Badan Ideal Selama Kehamilan

Berat badan calon ibu yang kurang (underweight) atau berlebih (overweight), akan berisiko baik kepada ibu maupun bayi yang ancientmarinerslooe.comight memang berdampak negatif pada ibu dan janin yang dikandungnya baik saat hamil, persalinan, maupun seusai ancientmarinerslooe.com berisiko mengalami hipertensi dan terkena /5(3).

Diketahuinya faktor-faktor yang berhubungan dengan risiko Kurang Energi Kronis (KEK) pada ibu hamil di X tahun XXXX. Tujuan Khusus 1. Diketahuinya gambaran prevalensi risiko KEK pada ibu hamil di X. 2.

Makalah tentang Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Diketahuinya gambaran karakteristik ibu hamil (meliputi umur, aktivitas fisik, konsumsi rokok dan penyakit infeksi) pada ibu hamil di X.

3. Dengan disusunya makalah in, semoga akan leih menjadarkan kita utuk lebih memperhatikan ibu hamil dengan maslah pre-eklamsi berat sehingga dapat menurunkan drajat kecacatan ibu dan janin bahkan menyebabkan kematian.

Makalah ini bermanfaat untuk masyarakat umum, secara khusus mahaiswa kebidanan guna untuk menambah pengetahuan. 7/7/ · makalah KEK ibu hamil Kurang Energi Kronik (KEK) Pada Ibu Hamil.

Jika hamil cenderung akan melahirkan anak secara prematur atau jika lahir secara normal bayi yang dilahirkan biasanya berat badan lahirnya rendah atau kurang dari gram.

3. Penyebab. a. Kemiskinan, sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. - Gizi kurang pada ibu hamil dapat mempengaruhi proses perkembangan janin dan dapat menimbulkan keguguran, (abortus), bayi lahir mati, kematian neonatal, cacat bawaan anemia pada bayi, asfiksia intra partum, lahir dengan berat badan lebih rendah (balr).

1/29/ · Angka anemia pada kehamilan di Indonesia cukup tinggi sekitar 67% dari semua ibu hamil dengan variasi tergantung pada daerah masing-masing.

Sekitar % tergolong anemia berat yang sudah tentu akan mempengaruhi tumbuh kembang janin dalam rahim (Manuaba, I.B.G, hal 90).Author: Adi Blog's.

Makalah berat badan kurang pada ibu hamil
Rated 0/5 based on 86 review