Pada saat peluru akan ditolakkan berat badan bertumpu pada kaki

Caranya ialah: Gerakan persendian di atas dapat mempertahankan suatu keseimbangan tubuh, yang menandai suatu luncuran kaki kanan meninggalkan lantai, seraya dengan cepat ditarik ke posisi bawah badan, tepat di titik pusat lingkaran sambil tungkai kiri hampir serentak menjangkau lantai dekat ke arah balok stop dan sedikit ke arah kiri garis lemparan.

Arah lemparan berada disamping kiri d. Kaki kiri harus kendor dan menapak pada ujung kaki. Olahraga tolak peluru ini juga mempunyai lapangan khusus yang berbentuk seperti kerucut, pada tempat pemain yang akan menolak berbentuk lingkaran, lingkaran lempar terbuat dari besi yang tebalnya 6 mm, tingginya 2 cm dipasang rata dengan tanah di sekelilingnya, di dalamnya dibuat dari plester dan 2 cm lebih rendah dari sekelilingnya.

Cara Menolakkan Peluru ikusnul. Lutut kanan ditekuk sedemikian rupa sehingga lutut ini kira-kira berada dalam satu garis vertikal dengan ujung jari kai kanan.

Secara bersamaan kaki kanan menolak ke arah lemparan dan kemudian mendarat dengan badan dalam keadaan condong ke kanan. Selanjutnya dagu diangkat dan pandangan tertuju ke arah tolakan.

Teknik Dasar Olahraga Tolak Peluru yang Benar

Berat badan mulai pindah kekiri. Jari kelingking dan ibu jari digunakan untuk memegang atau menahan peluru pada bagian sampai yaitu agar peluru tidak tergelincir ke dalam atau keluar. Gerakkan menolak di awali dengan menolakkan kaki kanan sekuat-kuatnya sampai lutut turun lurus, sehingga pinggul terdorong kedepan dan agak berputar kekiri sehingga pinggul menghadap kedepan.

Peluru diletakkan pada batas leher dengan pundak di bawah telinga. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Pada waktu memegang dan meletakkan peluru pada bahu, usahakan agar keadaan seluruh badan dan tangan jangan sampai kaku, tetapi harus dalam keadaan lemas rileks. Pembelajaran Cara Memegang Peluru Peluru dipegang dengan jari-jari tangan dan terletak pada telapak tangan bagian atas.

Peluru dipegang dan diletakkan di pangkal leher seperti pada screnshot diatas. Posisi ini dilakukan dengan membelakangi arah lemparan. Berat badan berada pada kaki kanan dengan pandangan mata ke depan.

Tangan kanan memegang peluru yang diletakkan di atas bahu kanan menempel pada rahang, sedangkan tangan kiri diangkat ditekuk di depan wajah kiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Pengertian Tolak Peluru Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik dalam nomor lempar. Ketiga lengan kiri di muka dada dan sedikit ditekuk. Teknik Memegang Peluru Ada tiga macam cara memegang peluru dan meletakkan di bahu. Berat badan diletakkan pada kaki kanan dan badan harus membungkuk dan sedikit condong ke kanan.

Jari-jari agak rapat Ibu jari di samping, jari kelingking berada di samping belakang peluru. Tolakan Sementara bahu dan lengan kanan mendorong peluru ke depan dan bahu kiri meneruskan gerakannya ke depan sejauh mungkin. Oleh karena itu, tolak peluru telah diajarkan di sekolah-sekolah sebagai pokok pembahasan materi dalam pelajaran pendidikan jasmani.

Gerakan akan menolak, yaitu kaki kiri diangkat kemudian diputarkan ke arah kiri sebanyak 2—3 kali putaran kemudian kaki kiri berpijak di sebelah kaki kanan. Kaki masih sejajar.

Meluncur a. Sudut lemparan lebih dari 40 derajat lengan kanan diluruskan sekuat — kuatnya g. Saat itu pula bahu diputar kekiri lengan dan bahu kiri jangan sampai turun, tetapi diangkat kira-kira setinggi kepalasehingga dada terbuka dan menghadap serong atas depan.

Tolak peluru merupakan event olimpiade modern asli yang diadakan di Athena, Yunani tahun Kaki kiri pada saat melakukan ayunan usahakan posisinya berada di belakang kemudian diayun ke kiri ke arah lemparan kemudian secepatnya mendarat.

Selanjutnya berat badan diletakkan pada kaki kanan dengan badan membungkuk dan sedikit condong ke kanan. Teknik Dasar Tolak Peluru a. Lingkaran tolak peluru harus dibuat dari besi, baja atau bahan lain yang cocok dilengkungkan, bagian atasnya harus rata dengan permukaan tanah luarnya.Berat badan berada pada kaki kanan dengan pandangan mata ke depan.

Tolak Peluru Pengertian, Ukuran, Teknik Dasar dan Gaya

2) Tangan kanan memegang peluru yang diletakkan di atas bahu kanan menempel pada rahang, sedangkan tangan kiri diangkat ditekuk di depan wajah kiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Berat badan berada pada kaki kanan dengan pandangan mata ke depan.

Tangan kanan memegang peluru yang diletakkan di atas bahu kanan menempel pada rahang, sedangkan tangan kiri diangkat ditekuk di depan wajah kiri berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh.

· Berat badan berada pada kaki kanan, badan agak condong ke samping kanan. Tangan kanan memegang peluru pada bahu (pundak), tangan kiri dengan sikut dibengkokkan berada di depan sedikit agak serong ke atas lemas. Tangan kiri berfungsi untuk membantu dan menjaga keseimbangan. Pandangan tertuju ke arah tolakan.5/5.

1. Pada saat peluru akan ditolakkan, berat badan bertumpu pada kaki A. Depan B.

Tolak Peluru (Atletik)

Kanan C. Belakang D.

2 Gaya Dalam Tolak Peluru

Kiri 2. Jika peserta lompat jauh kurang dari 8 orang, setiap orang berhak melakukan lompatan sebanyak. Menurut Eddy Purnomo (), di dalam olahraga tolak peluru power position dicapai setelah gerakan pelurusan dan pemutaran kaki kanan pada saat kaki kiri mendarat pada pinggir depan lingkaran tolakan, sedangkan peluru masih dibelakang kaki kanan.

Sikap power position adalah berat badan berada pada kaki kanan, dan lutut kaki kanan ditekuk. Tumit kaki kanan dan jari kaki kiri segaris. Jangan lupa kaki kanan dihentakkan untuk membantu melakukan tolakan, sesaat sebelum peluru dilepaskan (Carr,) 2) Lakukan gerakkan seperti diatas, hanya pada saat akan melakukan tolakan, badan diputar ke kanan untuk mengambil ancang-ancang (Carr,) 3) Lakukan gerakan menolak peluru dengan awalan membelakang gunakan bantuan putaran/ pilin tubuh saat melakukan tolakan .

Pada saat peluru akan ditolakkan berat badan bertumpu pada kaki
Rated 4/5 based on 39 review