Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak

Jumlah zat makanan yang dibutuhkan untuk hidup pokok sapi didasarkan pada bobot badan. Tinggi punggung ialah jarak tegak lurus dari taju duri ruas tulang punggung atau processus spinosus vertebrae thoracaleyang terakhir sampai ke tanah. Bangsa sapi yang digemukkan di PT. Ternak jantan tumbuh lebih cepat daripada ternak betina, sehingga pada umur yang sama, ternak jantan mempunyai tubuh dan daging yang lebih besar dari pada ternak betina.

Pada perusahaan peternakan yang mempunyai populasi ternak banyak tidak menjadi masalah untuk membeli timbangan ternak.

Bagaimana kalau pada Ternak Ruminansia baik ruminansia besar maupun ruminansia kecil, tentu memerlukan timbangan ternak khusus. Mengetahui pertambahan berat badan harian dari sapi-sapi yang ada di PT.

Catat hasil penimbangan dan mintalah subyek untuk turun dari timbangan. Gumba besar, demikian juga lipatan - lipatan kulit yang terdapat dibawah leher dan perut. Karena itu, pertumbuhan organ-organ tertentu berkorelasi dengan berat badan.

Catat hasil penimbangan dengan cara melihat ujung bandul geser.

Adapun cara pengukurannya yaitu sebagai berikut: Rumus itu sebagai berikut: Badan berbentuk persegi. Sebaiknya gunakan timbangan injak digital karena lebih akurat. Berdasarkan lamanya pemeliharaan atau selisih waktu penimbangan hari.

Penampilan ternak saat hidup mencerminkan produksi dan kualitas karkasnya.

Dalam hal ini penilaian harus dilakukan sesubjektif mungkin. Tahan terhadap panas, gigitan caplak dan beberapa ektoparasit lainnya.

Waktu dan Tempat Praktikum ini dilaksanakan pada tanggal 28 november pulul Panjang telinga, jarak antara ujung telinga sampai pangkal telinga bagian dalam.

CARA MENGUKUR BOBOT BADAN TERNAK TANPA MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG

Menghitung berat ternak sapi yang akan dijual Secara umum timbangan dikategorikan dalam 2 sistem, yaitu: Leher relatif pendek dengan punggung yang relatif lebar seperti halnya sapi potong yang lainnya. Dengan melihat pertumbuhan tanduk lebih sukar dilakukan dan sulit untuk percaya hasilnya, yang paling umum digunakan sebagai alat untuk menentukan umur pada kuda, sapi, kerbau dan domba atau kambing adalah keadaan dan pertumbuhan gigi, karena pertumbuhan, pergantian dan pergeseran dari gigi terjadi pada umur-umur tertentu dan tiap jenis ternak agak serupa sehingga mudah diikuti dan hampir dapat dipercaya kebenarannya.

Dalam hal ini, lingkar dada hewan dapat diasumsikan sebagai luas alas bangun lingkaran dan panjang badan sebagai tinggi. Peternak tidak mengetahui kriteria sapi perah yang baik,hanya sesuai selera pribadi saja.

PENDUGAAN BOBOT BADAN TERNAK DENGAN BERBAGAI MACAM RUMUS

Apabila kita sudah siap beternak sapi daging berarti kita bermaksud untuk mendapat keuntungan, dengan jalan mendayagunakan ternak tersebut. Telinga panjang dan menggantung. Lingkaran yang diukur ditengah- tengah tulang pipa, yaitu pada bagian yang terkecil dan terbulat.

Bobot badan merupakan bobot yang didapatkan selama sapi dipelihara dan dalam keadaan hidup, sedangkan bobot potong merupakan bobot yang ditimbang sesaat sebelum sapi dipotong Narasasmita dan Mudikdjo, Pengukuran berat badan bayi dapat dilakukan dengan menggunakan Baby Scale.

Adapun cara pengukurannya yaitu sebagai berikut: Letakkan alat pada permukaan yang rata/bidang datar. Average Daily Gain (ADG) atau rata-rata pertambahan berat badan harian ternak adalah besarnya pertambahan berat badan yang dipengaruhi oleh besarnya selisih antara berat badan awal dan berat badan Author: Evaluasi Performa Produksi Susu Sapi Perah.

Pendugaan berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak. Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Tilik ternak digunakan salah satunya untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan untuk menentukan pekiraan bobot (berat) badan suatu ternak tersebut.

dalam hal ini tilik ternak pada sapi dilakukan dengan cara mengukur bagian – bagian tertentu pada tubuh sapi tersebut. Ø Melakukan pengukuran yang tepat pada saat pengukuran panjang badan dan lingkar dada, untuk menduga berat ternak sapi. Ø Peternak yang mau membeli sapi, sebaiknya melihat cirri-ciri eksterior sapi terlebih dahulu dengan tujuan kemampuan produksi sapi.

Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan.

Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.(Hasnudi. ).

Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak
Rated 5/5 based on 83 review